Jumat, 15 Maret 2013

Manfaat dan Keburukan Minuman Keras

يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَإِثْمُهُمَا أَكْبَرُ مِنْ نَفْعِهِمَا
Ayat di atas sepenggal dari surat Al-Baqarah ayat 219 yang artinya : Mereka bertanya padamu (Muhammad) tentang khomr dan judi. Katakan (Muhammad) didalam keduanya dosa besar dan beberapa manfaat tetapi dosanya lebih besar daripada manfaatnya.
Kali ini kita bahas khomr dulu (untuk judi insya Allah lain waktu). Khomr adalah sesuatu yang memabukkan yang bisa menghilangkan kesadaran. Kalau zaman sekarang condong ke minuman keras. Di dalam minuman keras ada beberapa manfaat yaitu :
  1. Melindungi Jantung. Anggur merah telah lama dianggap sebagai obat mujarab untuk kesehatan jantung. Jika anda pernah mendengar bahwa orang perancis lebih jarang meninggal karena serangan jantung dibanding dengan orang amerika. Padahal keduanya sama2 suka makan makanan berlemak tinggi. Hal ini dikarenakan orang perancis memiliki kebiasaan konsumsiwinesehabis makan.Sebagian besar manfaat alkohol untuk kesehatan jantung karena kemampuannya untuk meningkatkan HDL dan menurunkan LDL. Anggur Pinot sangat baik sekali untuk tubuh karena mengandung antikoksidan tinggi dibanding minuman alkohol lainnya.
  2. Mengecilkan Perut. Lupakan hal mengenai perut buncit, jika anda konsumsi alkohol sesuai aturan, alkohol dapat melawan lemak dalam tubuh.Sebuah studi pada tahun 2010 menemukan bahwa wanita yang minum 1-2 gelas sehari, berat badan lebih jarang bertambah.Wanita yang minum alkohol 1-2 gelas sehari cenderung makan lebih sedikit terutama karbohidrat sehingga berat badan dapat tetap terjaga.
  3. Mengurangi Resiko Diabetes. Minum alkohol tiap hari dapat mengurangi resiko diabetess?? Luar biasanya, ternyata benar2 dapat membantu. Penelitian tahun 2005 olehDiabetes Caremengatakan bahwa minum alkohol dalam jumlah normal juga dapat mengurangi resiko diabetes tipe 2 sebesar 30%.
  4. Meningkatkan Kekuatan Otak. Otak Anda mungkin akrab dengan yang disebut downsides dari minum, tetapi jika anda minum dengan benar, sedikit minuman alkohol dapat membantu mencegah penurunan kognitif. Para peneliti dari Loyola University menemukan bahwa peminum moderat 23 persen lebih rendah kemungkinan timbulnya kerusakan kognitif, penyakit Alzheimer, dan bentuk lain dari demensia dibandingkan non-peminum.
  5. Mencegah Batu Empedu. Batu empedu itu sesuatu yang terbentuk dalam kantong empedu anda berupa endapan kolesterol yang menyebabkan rasa sakit pada perut anda seperti kram. Cobalah untuk menambahkan sedikit alkohol pada diet anda. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi alkohol teratur sedang (5-7 hari per minggu) mengurangi resiko batu empedu. Sebaliknya, konsumsi alkohol jarang (1-2 hari per minggu) tidak menunjukkan adanya hubungan yang signifikan dengan risiko.
  6. Kenenangkan syaraf. Minuman membuat orang melupakan kejadian masa lampau. Hal ini berfungsi menurunkan tingkat ketegangan syaraf karena sudah tak lagi memikirkan hal rumit masa lampau.
  7. Membuat orang berkata jujur. Tidak dipungkiri lagi orang yang mabuk karena minuman keras hilang kesadarannya. mereka akan mengatakan suatu hal tanpa dipikir dulu.Karena itulah mereka katakan apa adanya.
Disamping itu pula banyak kerugian atau dampak buruk diantaranya :
  1. Meningkatkan risiko penyakit jantung. Asupan alkohol yang berlebihan menimbulkan tekanan darah dalam tubuh. Jika tekanan darah tinggi, maka akan mempengaruhi jantung. Asupan alkohol juga mempengaruhi tingkat kolesterol baik dalam tubuh, yang dapat meningkatkan risiko serangan jantung.
  2. Mempengaruhi fungsi ginjal. Asupan alkohol secara teratur mengalir dalam tubuh mengganggu fungsi ginjal normal tubuh. Alkohol memperbesar ginjal, yang mempengaruhi fungsi hormon normal tubuh. Hal ini juga dapat menyebabkan gagal ginjal.
  3. Mempengaruhi hati. Hati merupakan organ tubuh yang paling dipengaruhi oleh asupan alkohol. Alkohol meningkatkan akumulasi lemak di hati. Hal ini berakibat merusak hati dalam banyak kasus. Terlalu banyak asupan alkohol juga menyebabkan sindrom lemak hati. Hal ini juga dapat menyebabkan kondisi sirosis hati.
  4. Menurunkan tingkat gula darah dari tubuh. Asupan alkohol yang berlebihan juga menurunkan tingkat gula darah tubuh. Hal ini memicu diabetes. Tinggi tingkat gula darah dalam tubuh menyebabkan kerusakan saraf. Peminum berat dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen.
  5. Mempengaruhi sistem pencernaan. Asupan alkohol menyebabkan kerusakan pada lapisan internal saluran gastro. Yang pada selanjutnya menyebabkan banyak masalah yang berhubungan dengan saluran pencernaan. Ini dapat menyebabkan gastritis, tukak lambung, dan kanker usus besar.
  6. Mempengaruhi sistem reproduksi. Konsumsi alkohol juga menyebabkan kerusakan pada sistem reproduksi tubuh. Hal ini telah dibuktikan bahwa asupan alkohol secara tidak langsung menyebabkan infertilitas pada wanita dan impotensi pada pria. Asupan alkohol yang berlebihan juga dapat menyebabkan kondisi kanker payudara pada wanita.
  7. Mempengaruhi fungsi normal otak. Alkohol secara langsung mempengaruhi sistem saraf dari otak, yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kehilangan memori. Minum berat juga menyebabkan kondisi bicara cadel dan perilaku gangguan. Hal ini mempengaruhi kemampuan berpikir seseorang.
  8. Obesitas. Alkohol jelas tidak baik untuk berat badan. Asupan kalori dengan mengkonsumsi alkohol setiap hari menyebabkan masalah seperti obesitas. Mungkin ada fluktuasi berat karena ini.
  9. Mempengaruhi kulit. Yang berbahaya, konsumsi alkohol tanpa dibatasi akan merusak kulit. Terlalu banyak asupan alkohol menyebabkan lingkaran gelap dan bengkak di bawah mata. Hal ini juga menyebabkan tanda-tanda awal penuaan pada wanita.
Memang minuman keras ada manfaatnya tapi keburukannya melebihi kemanfaatanya. terserah mau minum atau tidak tapi minuman keras larangan agama dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diperbolehkan komentar asalkan kata-katanya sopan
Bila ada pertanyaan harap Tulis langsung