Jumat, 01 Maret 2013

Perbandingan teori Darwin dan Abrahamik

Dalam kehidupan sehari-hari khususnya dikalangan pelajar kita mengenal namanya proses evolusi yang pertama kali diungkapkan oleh seseorang berkebangsaan Yahudi, namanya Charles Darwin. Menurut Darwin manusia berasal dari kera. Contohnya bisa kita lihat di id.wikipedia.org/wiki/Evolusi_manusia.

Selain itu juga dikenal teori atau yang sering disebut mitos agama. Kali ini saya menganggap teori agama karena agama adlah keyakinan. Dalam beda agama maka beda pula teori tentang manusia. Contoh : dalam agama Dharma (Hindu dan Budha) dikenal namanya Manu Swayambu, kepercayaan Suku Asmat dikenal dengan anak bidadari, agama Abrahamik (Islam, Kristen, Yahudi dll) dikenal dengan (nabi) Adam.

Sekarang yang kita bahas tentang teori evolusinya Darwin dan teori dalam agama Abrahamik.
Persamaannya :
Keduanya sama-sama membahas tentang asal-usul manusia. Dalam kedua teori ini sama-sama mengakui dari keturunan yang satu. Dalam teori ini tidak dikenal perubahan gen buatan (seperti dalam teori Nubiru) atau campuran dari gen lain.
Perbedaannya :
  1. Menurut Darwin asalnya manusia dari kera, sedangkan dalam kitab Abrahamik manusia diciptakan Allah dari tanah.
  2. Menurut Darwin dulu manusia memiliki beberapa jenis (spasies), sedangkan Abrahamik manusia hanya satu jenis saja.
  3. Menurut Darwin ada terjadinya seleksi alam sehingga hanya satu jenis manusia yang tersisa, sedangkan Abrahamik adanya manusia yang tak memiliki keturunan.
  4. Menurut Darwin manusia pertama tak bisa berbahasa seperti sekarang. Berbeda dengan Abrahamik, manusia pertama yang bernama Adam bisa berbahasa.
  5. Dalam teori evolusi awalnya manusia berasal dari Ethiopia, sedangkan menurut Abrahamik Adam dan Istrinya turun ke dunia tinggal di daerah Arab.
Tapi oleh kalangan yang membenci Islam teori  Abrahamik sering dipermasalahkan baik kalangan Abrahamik maupun luar Abrahamik. Berikut ini contohnya :
  1. Dalam teori Adam selalu dipermasalahkan tentang istrinya anak Adam. Mungkin mereka lupa bahwa Adam juga memiliki anak laki-laki dan perempuan.
  2. Teori Adam selalu dipermasalahkan tentang gen. Tapi hal itu juga sama dengan teori lainnya, misal teori evolusi dulu makhluk hidup hanya ada satu lalu bagaimana bisa banyak dan saling memakan tidak pernah diperhitungkan.
  3. Dalam teori Adam manusia berasal dari luar bumi, sungguh hal yang sulit diterima dalam sains. Tapi teori lain juga sama. Alians apa keberadaanya bisa ditelurusi, dewa sekarang dimana, bisakah tumbuhan dalam kehampaan bertahan dari Mars sampai bumi dll.
  4. Bagi yang kurang percaya Tuhan, teori terciptanya Adam dari tanah memang aneh. Tapi teori makhluk hidup pertama masih simpang siur dan tak jelas. sampai sekarang saja ilmuan belum bisa mengungkapkan bagaimana makhluk hidup pertama. Protozoa pun telah tergeser.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diperbolehkan komentar asalkan kata-katanya sopan
Bila ada pertanyaan harap Tulis langsung