Rabu, 13 Maret 2013

Tumbuhan di Kutub

                         Tumbuhan yang mampu  hidup di kutub sangat terbatas jenisnya. 
                 Berikut beberapa contoh jenis - jenis tumbuhan yang mampu hidup di kutub.





1. LICHEN TUA

  


    Di kedua kawasan kutub, tumbuhan yang  paling berhasil  tumbuh adalah  LUMUT , LICHEN , dan ALGA.   Ada lebih dari 400 jenis LICHEN di Antartika.  Beberapa di antaranya berusia sekitar 10.000 tahun .  Ukurannya sangat kecil karena LICHEN tumbuh sangat lambat dalam kondisi dingin. 


2.  SEMAK WILLOW 




   Pepohonan tinggi tidak dapat hidup di tundra, namun SEMAK WILLOW arktik bertahan hidup dengan merambat di tanah.  Tinggi cabangnya tidak pernah melebihi dari 10 cm dari tanah, namun panjangnya lebih dari 5 m. Pucuk dan daunnya mengandung vitamin C lebih banyak dari buah jeruk.


3.  BUNGA POPPY 




   Bentuk BUNGA POPPY  arktik mirip mangkuk. Bentuk tersebut berfungsi seperti piringan pemantul untuk memfokuskan cahaya matahari ke tengah bunga.  Bunga itu juga tumbuh mengikuti arah matahari.  Kedua bentuk adaptasi ini membantu menjaga biji tetap hangat sehingga BUNGA POPPY dapat berkembang cepat sebelum cahaya matahari musim panas menghilang.  BUNGA POPPY arktik tumbuh rendah dan bergerombol ,  seperti kebanyakan tumbuhan kutub.


4.  TUMBUHAN PEMAKAN DAGING 




   Tumbuhan SANDEW memperoleh nutrisi tambahan dengan menjebak serangga menggunakan daunnya yang lengket.  Daunnya ditutupi oleh rambut khusus yang meneteskan cairan lengket di bagian ujung.  Serangga yang tertarik pada cairan berkilau itu akan terjebak pada rambut - rambut yang lengket.  Daun SANDEW kemudian perlahan mencengkram tubuh serangga dan rambut khususnya mengeluarkan cairan pencerna yang mengubah tubuh serangga menjadi seperti sup.  Lalu tumbuhan itu menyerap sup serangga.  Kurang lebih sehari kemudian,  yang tersisa dari serangga hanya kulit yang kering dan kosong.


5.  BUNGA ANTARTIKA



   Hanya dua jenis tumbuhan berbunga ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

diperbolehkan komentar asalkan kata-katanya sopan
Bila ada pertanyaan harap Tulis langsung